Sabtu, 17 Maret 2012

akuntansi manajement


KONSEP DAN RUANG LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN

A.  KONSEP AKUNTANSI MANAJEMEN
1.      Kegunaan informasi akuntansi
Informasi akuntansi dalam dunia bisnis merupakan subjek penting dalam berbagai keputusan manajemen. Hal ini di sebabkan karena data akuntansi luas sekali cakupannya, meliputi harta, utang, modal, pendapatan, biaya, beban, rugi dan laba. Semua level manajer harus mengetahui dan memahami informasi akuntansi dan mampu menggunakan dalam pengambilan keputusan, baik dalam organisasi bisnis maupun nonbisnis. Di samping itu, informasi akuntansi juga dapat menolong para manejer untuk mengetahui perubahan dan menganalisis perubahan, sehingga dapat di temukan sebab-sebab perubahan. Perubahan itu sendiri merupakan suatu keharusan karena unsure-unsur dalam system bisnis itu dinamis (berkembang dan bergerak maju). Manajemen harus peka setiap perubahan yang terjadi dalam lingkungan organisasinya, dan salah satu alat untuk mendeteksi perubahan itu adalah informasi akuntansi.
Informasi akuntansi yang digunakan manejer untuk mengetahui perubahan dalam lingkungan organisasinya dengan informasi biaya (cost) dan manfaat (benefit) sehingga manejer selalu berfikir cost-benefit ratio yaitu setiap pengorbanan harus memperoleh output yang menguntungkan.
Informai akuntansi itu memiliki tiga tujuan yaitu memberi pelaporan pada manajemen yaitu untuk:
1.    Membuat keputusan-keputusan rutin bisnis (kegiatan opersi) dan keputusan-keputusan khusus (investasi jangka panjang).
2.    Memberikan pelaporan kepada pihak luar perusahaan yaitu pemegang saham, lembaga keuangan, dan lain-lain.
3.    Member informasi kepada pihak dalam perusahaan yaitu kepada bebagai level manejemen.

2.    Hakikat Akuntansi Manajemen
Hakikat manajemen adalah membuat keputusan, yakni alternative terbaik dari berbagaia alternative informasi yang tersedia yang dapat memberi maksimum benefit. Keputusan ini meliputi keputusan rutin dan keputusan khusus. Pengambilan keputusan merupakan suatu tugas pokok manajemen yang dapat di kategorikan menjadi dua aspek yaitu aspek keputusan dalam perencanaan dan apek keputusan dalam pengendalian.
Perencanaan yaitu menetapkan sasaran, menyiapkan peralatan,menyiapkan tenaga kerja, dan membuat metode kerja yang efektif untuk mencapai sasaran. Sedangkan pengendalian yakni: (1) mengevaluasi program kerja dan anggaran, (2) menempatkan kembali pelaksanaan yang menyimpang dari program kerja dan anggaran, dan (3) mengevaluasi prestasi kerja, sesuai atau tidak sesuai dengan rencana. Dengan demikian pengendalian itu meliputi 3 aspek, yaitu gagasan (standar, program kerja, anggaran),pelaksanaan (perilaku penyimpangan para pelaksana), dan hasil kerja (evaluasi kinerja).
Tugas manajemen adalah menganalisis penyimpangan dan kemudian memperbaiki program kerja, anggaran, dan memperbaiki perilaku para pelaksana. Tindakan manajemen menganalisis penyimpangan ini di bantu oleh akuntan internal dengan mengunakan system akuntansi yang mampu menyoroti bidang-bidang yang memerlukan pemeriksaaan intensif (pemeriksaan rutin).

B.  RUANG LINGKUP AKUNTANSI MANAJEMEN
Akuntansi Manajemen adalah proses pengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi/keuangan, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi manajemen yang menggunakan informasi tersebut di mana titik sentralnya untuk pihak-pihak di dalam organisasi/perusahaan.

 

1.      Fungsi Akuntansi Dalam Organisasi

            Dipandang dari tugas, fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi dibagi dua kelompok, yaitu :
a.      Fungsi Garis (Link Manager)
       Adalah para pejabat/pegawai atau bagian tertentu dalam suatu organisasi yang mempunyai tugas langsung berhubungan dengan pencapaian tujuan organisasi/perusahaan.
       Contoh :
       Para manajemen lini seperti :
·        Manajer produksi Sedan.
·        Manajer Prtoduksi Motor
·        Manajer Produksi Bus
b.      Fungsi Staf
       Adalah pegawai atau bagian yang mempunyai tugas tidak langsung dalam mencapai tujuan organisasi/perusahaan, lebih menekankan pemberian jasa konsultasi, pelayanan dan informasi kepada staf fungsi garis.
      Contoh :
Eksekutif  Yang Mengurus Hubungan Dengan Pemerintah

1.    Ruang Lingkup Manajemen

a.      Organisasi dan Tujuan Organisasi

      Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan.
      Contoh :
§  Panitia 17 Agustus
§  Organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat
§  PT Indofood
§  Departemen Keuangan

b.      Strategi
      Adalah pemilihan alternatif untuk mencapai tujuan bagi perusahaan. Satu set strategi yang perlu dijalankan bagi organisasi yang bertujuan mendapatkan laba, yaitu :
a.       Memilih produk/jasa apa yang hendak dijual.
b.      Bagaimana membuat produk/jasa.
c.       Bagaimana memasarkannya.
c.       Struktur Organisasi
      Adalah gambar tentang kelompok-kelompok kerja atau tempat-tempat pimpinan. Serta penjelasan mengenai tugas, tanggung jawab dan wewenang.

2.      Fungsi Manajemen

a.      Planning

      Adalah keputusan tentang apa yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang untuk membantu perusahaan dalam mencapai tujuan.
b.      Coordinating
      Adalah koordinasi dalam melaksanakan planning/perencanaan yang telah ditetapkan, supaya bisa berjalan seperti yang diharapkan.
c.       Directing
      Adalah pengawasan dari pelaksanaan planning pada saat planning tersebut dijalankan, di sini termasuk pengarahan dari orang-orang yang menjalankan planning tersebut
d.      Controlling
      Adalah pengawasan dari hasil pelaksanaan planning yang biasanya dijalankan dengan membandingkan antara planning dengan pelaksanaan sesungguhnya.

3.      Jenis-jenis Informasi Akuntansi Untuk Manajemen

a.      Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting)

      Ialah jumlah seluruh biaya langsung yang berkenaan dengan item tersebut ditambah bagian yang layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tidak langsung.
b.       Akuntansi Biaya Diferensial (Differensial Accounting)
      Ialah informasi keuangan yang akan digunakan dalam membantu untuk menentukan alternatif mana yang dipilih, dimana biaya-biaya yang berbeda antara satu set kondisi/alternatif yang satu dengan kondisi yang lain dan merupakan biaya yang akan dating.
      Contoh :
·         Informasi-informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan membeli atau  membuat
·         Informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan menjual atau memproses lebih lanjut
c.       Akuntansi Pertanggung jawaban (Responsibility Accounting)
      Ialah informasi keuangan dengan tujuan untuk pengendalian biaya, dimana setiap pusat pertanggungjawaban yang dipimpin seorang manajer (pimpinan) bertanggung jawab atas pelaksanaan perencanaan yang telah dibuat.
      Contoh :
·         Informasi menganai jumlah biaya yang telah dikeluarkan dari suatu departemen/Divisi
·         Informasi mengani Kentungan yang diperoleh Kantor Cabang di Jakarta

MANFAAT INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN
Informasi Akuntansi Penuh
Informasi akuntansi penuh mencakup informasi masa lalu maupun informasi masa yang akan datang. Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa lalubermanfaat untuk: pelaporan informasi keuangan kepada manajemen puncak dan pihak luar perusahaan, analisis kemampuan menghasilkan laba, pemberian jawaban ataspertanyaan “berapa biaya yang telah dikeluarkan untuk sesuatu”, dan penentuan hargajualdalam cost type contract.Informasi akuntansi penuh yang berisi informasi masa yang akan datangbermanfaat untuk: penyusunan program, penentuan harga jual normal, penentuan hargatransfer, dan penentuan harga jual yang diatur oleh pemerintah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar